Sabtu, 09 November 2013

WORD PROCESSOR




A. PENGERTIAN WORD PROCESSOR

          Aplikasi pengolah kata (word processor) adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mengolah kata. Aplikasi pengolah kata merupakan salah satu program yang paling dibutuhkan dan banyak digunakan di berbagai bidang kehidupan, seperti bidang pendidikan, sosial dan ekonomi, keuangan, pemerintahan, kesehatan dan lain-lain. Dengan aplikasi ini Anda dapat berbagai dokumen seperti laporan, proposal, artikel, brosur, booklet, karya tulis, surat menyurat, dansebagainya.


B.           SEJARAH WORD PROCESSOR

Pada awalnya Word Processor bukan berasal dari teknologi computer .Tetapi merupakan evolusi dari kebutuhan penulis yang menggunakan mesin tik. Lalu secara berlahan Word processor berpindah dari mesin tik menjadi mesin computer.
Awal Word Processor adalah tahun 1867 saat Christhoper Latham menemukan mesin tik. Tetapi pada awalnya masih sedikit orang yang mau menggunakan mesin tik. Hal ini yang memnyebabkan terjadinya evolusi pada mesin tik. Tahun 1878 ditemukannya tombol shift pada mesin tik. Perkembangan mesin pun terus berlanjut dengan ditemukannya mesin tik listrik oleh Thomas Alva Edison Tahun 1872. Mesin tik terus berkembang hingga akhir tahun 1940an.

Pada beberapa tahun kemudian kurang lebih tahun 1950an di temukannya computer yang dapat melakukan Word Process. Mesin ini ditemukan oleh Ulrich Steinhilper mekanik dari IBM. Tahun 1969 IBM mengeluarkan Mag Cards. Mag Cards ini berfungsi untuk menyimpan tulisan . Sehingga tulisan tersebut bisa dipanggil lagi. Kelemahan Mag Cards adalah hanya dapat menyimpan 1 halaman dokumen saja. Bila ingin menyimpan lebih banyak harus menggunakan Mag Cards yang lain. 1970 ditemukannya flopy disk yang dapat menyimpan data sebnayak 80 hingga 100 halaman dan bisa juga digunakan untuk menyimpan program.

Baru pada tahun 1987 ditemukan program untuk pengejaan kata dan cek surat. System ini diberi nama Star Information System. Baru beberapa tahun kedepan banyak program beredar untuk word processor. Seperti WordStar yang di terbitkan oleh micropro. Microsoft Word oleh Microsoft.


MENURUT IBM

Istilah Word Processing diperkenalkan oleh IBM pada awal tahun 1960-an, dan IBM mendefinisikannya sebagai, “the combination of people, procedures, and equipment which transforms ideas into printed communications,” (kombinasi antara orang, prosedur, dan peralatan yang mengubah ide-ide menjadi komunikasi tercetak), dan istilah itu digunakan untuk menyebut mesin ketik elektrik buatan IBM, Selectric, yang merupakan word processor pertama. IBM memasarkan word processor praktis pertama di dunia, yang mampu melakukan koreksi, dan memiliki pita penyimpanan magnetis, pada 14 Juni 1964.

Pada tahun 1970-an, masyarakat umum menggunakan istilah word processor untuk menyebut mesin ketik semi otomatis yang setidaknya memiliki fungsi edit dan koreksi, dan mampu menghasilkan salinan (copy) yang sempurna.

Memasuki tahun 1976, Wang Laboratories memperkenalkan mesin ketik yang dilengkapi monitor CRT, dan hal itu menjadi terobosan besar pada masa itu. Mesin tersebut menampilkan teks pada layar CRT, dan memiliki karakteristik-karakteristik penting dari aplikasi-aplikasi word processor yang kita kenal saat ini. Sejak itu pula, istilah word processor pun beralih pada mesin berbasis CRT.

Untuk penyimpanan data, beberapa mesin CRT generasi awal menggunakan pita magnetik, sampai kemudian muncul floppy disk atau disket floppy. Sedangkan untuk mencetak dokumen, awalnya menggunakan mesin ketik Selectric IBM, sampai kemudian digantikan oleh printer daisy wheel atau printer dot-matrix.

Ketika era personal computer (PC) dimulai, word processor berbasis software yang berjalan pada PC mulai menggantikan mesin word processor yang bersifat khusus sebelumnya, dan istilah word processor kemudian mulai merujuk pada software, bukan lagi hardware.

Di masa sekarang, selain untuk menyimpan dokumen dan diedit kembali, aplikasi word processor modern juga menawarkan fitur-fitur yang sangat kaya—dari pengecekan ejaan, penghitungan kata dan karakter, thesaurus, sampai mampu terhubung dengan e-mail dan internet secara otomatis.




B. JENIS-JENIS WORD PROCESSOR
a.    Microsoft Word

Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Microsoft Word (MS Word) merupakan program pengolah kata yang saat ini paling banyak digunakan dibandingkan yang lainnya. Microsoft Word memiliki berbagai fasilitas yang tersedia, kemudahan dalam menggunakan, tampilan yang menarik, dan lain sebagainya. Microsoft Word merupakan bagian dari program Microsoft Office. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989).

Contoh Kelebihan & Kekurangan Ms Word

Kelebihan  :
1.   Word dilengkapi tool dasar untuk desktop publishing.
2.   Fasilitas lebih lengkap dari versi sebelumnya.
3.   Pada tampilan menu ‘INSERT’, menu picture, clipart, dll dilengkapi dengan gambar-gambar dengan ukuran yang sedikit besar dan berwarna yang membuat tampilannya kelihatan lebih menarik.
4.   Terdapat menu ‘REFERENCES’ yang sebelumnya tidak terdapat pada Microsoft Word 2003. Pada menu ini terdapat cara untuk memudahkan membuat daftar pustaka, daftar isi atau sebagainya.
5.   Terdapat ‘Office Button’ atau tombol bulat di pojok kiri atas yang sebagian besar gunanya untuk menggantikan fungsi menu file.
6.   Loading lebih cepat dari versi sebelumnya.
7.   Ukuran file yang dihasilkan lebih kecil.
8.   Gaya tulisan yang lebih banyak dan terbaru.
9.   Pengaturan naskah lebih mudah jika sudah menguasainya.
10.    Dapat membaca semua file dari semua versi office yang ada.
11.    Terdapat smartart, yaitu sekumpulan template grafis yang mudah digunakan.
12.    Terdapat ‘quick acces toolbar’.
13.    Saat menu utama di klik langsung muncul ikon – ikon yang disebut dengan ribbon.
14.    Dapat menyisipkan gambar ke dalam naskah.
15.    Title Bar terletak tepat di bagian tengah atas.
16.    Mempunyai 7 menu utama yang terkesan lebih simple dari versi sebelumnya.
17.    Toolbar ditampilkan secara vertical sehingga tidak mengganggu lembar kerja.
18.    Dapat mempublish atau memposting tulisan ke blog.
19.    Sudah mulai ada perkembangan untuk ‘Save as’. Kita dapat menyimpan file dengan default yang kita hendaki yakni Word document, Word template, Word 97-2003 document.
20.    Template yang digunakan sudah mulai beragam.
21.    Tampilan lebih menarik.
22.    Memiliki preview dari setiap ikon tentang pengaturan halaman apabila kita dekatkan kursor pada ikon yang kita kehendaki.
23.    Terdapat fasilitas untuk menggunakan ‘equation’ untuk menulis rumus.
24.    Multi dukungan untuk .NET, Web (kompatibilitas lebih bagus).
25.    Desain baru yang lebih mengutamakan kemudahan penggunaan.
26.    Office 2007 dilengkapi dengan tambahan-tambahan fitur dan fungsi yang lebih dari offiice 2003 seperti efek grafik, efek gambar (yang memungkin kita tidak perlu menggunakan software gambar lain untuk mengedit foto).
27.    Dilengkapi tool dasar untuk desktop publishing.                                               

Kelemahan :
1.      Perubahan design yang drastis sehingga mengharuskan pengguna baru untuk mempelajari lagi dan membutuhkan waktu hingga terbiasa.
2.      Relatif berat, terutama di mesin yang pas-pasan.
3.      Banyak fitur yang mubazir, apalagi kalau kita menggunakannya untuk sekedar menulis surat.
4.      Installer yang lebih besar.
5.      Spesifikasi yang dicapai lebih berat, yaitu processor sebesar 500 MHz (kecepatannya), RAM sebesar 256 MB (disarankan 512 MB), VGA 64 MB (agar pemrosesan gambar lebih cepat), HDD yang disediakan minimal 600 MB (disarankan 1 GB).
6.      Minimal OS Windows XP dengan SP2.
7.      Sedikit lebih sulit bagi orang – orang yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Word 2003.
8.      File yang dihasilkan defaultnya berformat .docx dimana pada format ini tidak dapat dieksekusi atau dibaca oleh Microsoft Word 2003.
9.      Menyimpan file untuk web terasa lebih kompleks dibanding pada edisi sebelumnya.
10.  Tab konstektual dan style gellery agak mengganggu.
11.  Karena merupakan versi baru sehingga membutuhkan penyesuaian penggunaan sistem dari user.


b.      NOTEPAD

Notepad adalah aplikasi pengolah kata bawaan sistem operasi Windows. Jadi setiap menginstal Windows notepad biasanya otomatis akan ter-instal.
Notepad merupakan editor teks yang sederhana, Notepad biasanya digunakan oleh pembuat program untuk menuliskan kode program atau merubah konfigurasi contohnya untuk merubah HTML.


c. WORDPAD

Wordpad sendiri merupakan aplikasi pengolah kata bawaan dari sistem operasi Windows. Walaupun bawaan dari Windows, Wordpad mempunyai fitur yang lebih lengkap dari saudaranya yaitu Notepad karena Wordpad mempunyai kemampuan menyisipkan tanggal, obyek, memformat tulisan, meratakan paragraf, memasukan bullet dan mengatur tabs sebuah tulisan. Untuk menjalankan Wordpad hampir sama dengan Notepad.


d. StarOffice Writer

StarOffice Writer adalah program aplikasi pengolah kata yang hampir mirip dengan Microsoft Office perbedaannya hanya terletak pada extensinya saja. Jika MS Word menggunakan extensi .doc maka StarOffice Writer menggunakan extensi .odt namun bisa diganti menjadi .doc. StarOffice mengkombinasikan fungsi pengolah kata, HTML editing, spreadsheet, desain grafik, presentasi, e-mail, news reader, penjadwalan atau agenda dan database.
StarOffice dapat dijalankan pada sistem operasi berbasis Windows dan Mac OS (Apple).


e. Open Office Writer

Aplikasi pengolah kata ini merupakan sebuah aplikasi seperti MS Word bedanya Open Office dikembangkan dengan lisensi GPL(General Public Lisensi). Sehingga program ini bebas didistribusikan secara gratis.
Fitur yang terdapat dalam Open Office Writer antara lain: Tabel dalam Open Office Writer dapat melakukan kalkulasi formula (menjumlah antar cell). Open Office memiliki fasilitas bawaan "export as PDF" sehingga tidak perlu membeli Adobe Acrobat untuk membuat file ber extensi .pdf. Open Office Writer juga dilengkapi Style, header, footer, numbering fami naik merge seperti yang dimilik Microsoft Word.


f. AbiWord

Sama seperti Open Office, Abiword merupakan aplikasi yang berlisensi GPL dan dikembangkan oleh komunitas OpenSource. Program ini bisa kita dapatkan secara gratis dengan mendownload dari situs resminya di www.abiword.org secara gratis. Abiword mempunyai ukuran kecil yaitu sekitar 5 MB.

6. KWord
Aplikasi ini menggunakan lisensi GPL dan dikembangkan oleh KDE (K Desktop Environment) yang merupakan lingkup desktop yang sering digunakan di sistem operasi berbasis Linux. Aplikasi pengolah kata ini dapat digunakan pada sistem operasi Windows, Linux, dan Mac OS. KOffice juga menyediakan aplikasi pengolah kata yakni KWord, KSpread untuk spreadsheetr, KPresenter untuk presentasi, KChart untuk chart dan KFormula untuk formula editor.


g. Atlantis Word Processor

Atlantis Word Processor merupakan salah satu aplikasi pengolah kata dan memiliki tampilan hampir mirip seperti MS Word. Atlantis mendukung format-format extensi seperti Document (doc), Rich Text Format (RTF), Encrypted Document (COD), dan format text standar (txt)



SUMBER :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar