Minggu, 20 Oktober 2013

PKTI 1B


IMac

Machintos merupakan salah satu jenis komputer personal yang berbasis PowerPC yang diproduksi oleh Apple. Mac diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984. Mac merupakan komputer pertama yang memperkenalkan sistem GUI.
Banyak sekali macam-macam machintos, salah satunya adalah iMac. iMac adalah komputer Macintosh dengan konsep all-in-one yang dikembangkan oleh Apple Computer. Komputer ini dibuat dengan tujuan untuk meraih pengguna di tingkat rumah pribadi dan pendidikan.
iMac pertama diperkenalkan pada tanggal 7 Mei 1998 oleh Apple, dan mulai dijual pada bulan Agustus tahun 1998. Para kritikus yang mendukung produk ini melihat iMac sebagai inovasi dalam desain komputer pada saat itu, ini merupakan desain komputer pribadi pertama yang mengutamakan seni sebagai tujuan utamanya. Produk ini dibuat dengan konsep all-in-one, dimana layar dan unit proses pusatnya ditampung dalam satu kemasan, dimana konsep ini sudah menjadi tradisi Apple dalam menciptakan komputer all-in-one. Perangkat ini menggunakan prosesor PowerPC/G3 233 MHz dan bagian luarnya diberi warna Biru Bondi. Rancangan ini diprakarsai Jonathan Ive.
iMac adalah langkah pertama untuk mengubah persepsi masyarakat dan kesuksesan Apple. Produk ini adalah tahap pertama dari banyak inovasi yang diperkenalkan oleh Steve Jobs. Meskipun Apple memiliki pangsa pasar yang kecil, iMac telah membuat masyarakat sadar akan keberadaaan perusahaan tersebut, dan bahkan telah memberi ilham bagi usaha lain untuk menjiplak cara kerja mereka.
iMac terkenal sebagai komputer compact yang terdiri dari mesin dan layar yang terintegrasi. Yang membuat iMac terkenal adalah konsepnya yang membuat sebuah pesan, bahwa komputer juga bisa keren. Dengan desain yang mengingatkan banyak orang akan produk Macintosh yang pertama kali, iMac memiliki handle yang memungkinkan orang untuk menenteng komputer tersebut ke mana-mana. iMac juga mengadopsi desain Macintosh yang tidak memungkinkan pengguna untuk menambah piranti keras lainnya ke dalam komputer. Tetapi pengguna yang banyak akal bisa menggunakan cara jitu untuk mengatasinya.
Beberapa bulan setelah diluncurkan, Apple merilis revisi selanjutnya dari mesin iMac G3 233 MHz ini. Dengan merevisi atau menambah jumlah Video RAMnya (VRAM) menjadi 6MB dan beberapa revisi pada perangkat kerasnya juga (kabel dari papan analog video serta papan pemasok kekuatan listrik/catu daya).
Macam-macam iMac

1.     iMac G3

Perkenalan iMac dengan dunia dimulai dengan iMac G3, dimana terdiri dari sebuah layar CRT dengan casing plastik warna-warni. iMac G3 mengawali awal kebangkitan Apple dengan Steve Jobs dengan memperkenalkan solusi komputer All in One.

2.     iMac G4

Proses peluncuran iMac G4 sangatlah unik, karena memang tidak sengaja diperkenalkan kepada publik melalui cover majalah TIME. iMac G4, atau dikenal juga dengan Sunflower iMac adalah komputer tercantik di dunia. Desain CPU yang minim dengan layar LCD yang mengambang adalah sangat revolusioner. Membesut prosesor PowerPC G4, iMac G4 merupakan pilihan komputer nomor 1 pada waktunya.

3.     iMac G5

Apple membuat sebuah terobosan lagi dengan memasukkan PowerPC G5 kedalam iMac, menjadikannya sebuah PC terjangkau pertama yang menggunakan prosesor berbasis 64-bit. Masih mengusung ide komputer All in One, iMac G5 menjadi salah satu komputer Mac yang paling diminati. iMac G5 juga adalah komputer Apple pertama yang menggunakan fitur FrontRow dan Apple Remote.

4.     iMac dengan prosesor Intel

Pada saat ini, iMac sudah dilengkapi dengan prosesor Intel terbaru, yaitu Intel Core Duo. Dengan form-factor yang sama dengan iMac G5, iMac terbaru dengan prosesor Intel mengedepankan kecepatan komputasi yang dua kali lebih cepat dibandingan dengan PowerPC G5.
iMac adalah computer Apple pertama yang mengadopsi prosesor Intel Core Duo di bulan Januari 2006 dan kemudian Intel Core 2 Duo di bulan Agustus 2006.

KELEBIHAN iMac :
1.    Modis dan juga tangguh
2.    Kinerjanya kira-kira 8-10 kali lebih cepat
3.    Layarnya juga sangat indah dipandang mata berkat teknologi IPS dengan layar LED yang kaya akan warna
4.    Kalibrasi warnanya benar-benar tepat, sehingga apa yang terlihat di layar 100% sama dengan apa yang dicetak oleh printer
5.    Kapasitas hardisk 1TB
6.    Prosesornya kuat melakukan tasking sampai 25-40 aplikasi berjalan berbarengan
7.    iMac dilengkapi oleh wireless keyboard dan magic mouse yang terkoneksi melalui bluetooth

SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar